Tuesday, March 18, 2008

RESOLUSI MARET 2008

Dalam perjalanan dari airport ke pabrik di Lampung Timur, saya membaca ulang buku Financial Revolution karya Tung Desem Waringin. Buku yang peluncurannya sangat menghebohkan ini dan terjual lebih dari 10,000 copy dalam sehari memang LUAR BIASA DAHSYAT. Menggugah, inspiratif sekaligus praktis untuk diterapkan dalam keseharian saya dalam rangka mencapai GOAL yang sudah dua tahun ini saya target kan yaitu : Mencapai kekayaan bersih Rp. 10 Miliar pada usia 40 tahun…berarti masih ada waktu lima tahun ke depan sampai tahun 2012 untuk melihat goal saya TERCAPAI dengan SUKSES..!!

Seminggu sebelumnya saya juga membaca dua buku yang sangat hebat karya orang-orang yang sudah membuktikan sukses dalam kehidupannya. Buku pertama berjudul Law of Attraction karya James Lossier yang memberi bimbingan kepada kita untuk selalu berpikir dan bersikap positif, contoh-contoh kertas kerja bersikap positif dan belajar bagaimana menggali keinginan positif kita melalui pernyataan negasi dari yang kita rasakan. Buku kedua adalah Seven Years to Seven Figures karya Michael Masterson, sebuah petunjuk praktis untuk memperoleh kekayaan tujuh digit atau $ 1 JUTA minimal yang kalo kita equalkan dengan rupiah sekitar Rp. 10 Miliar….pas dengan target pribadi yang sudah saya canangkan. Buku ini juga mengulas detail kisah sukses dari temen-temen Michael Masterson yang sudah mencapai kekayaan itu bahkan lebih melalui berbagai ragam cara memulai usaha, investasi saham dan investasi property……….sangat menarik dan bisa dijadikan acuan.

Saya jadi teringat dan terpacu kembali untuk tetap pada jalur menuju target Rp. 10 Miliar pada tahun 2012. Banyak yang sudah saya lakukan sepanjang 2003 – 2007, beberapa bisnis sudah selesai masa pembelajarannya dan saya tutup dengan hati riang walaupun ongkos belajar yang saya keluarkan ratusan juta. Rintisan yang sedang dalam proses pembelajaran mulai menunjukkan tanda-tanda kearah tercapainya target saya.

Agar lebih detail dan terarah, saya mencoba me LOA semua rintisan ini dengan target utama Rp. 10 Miliar………satu demi satu kita kupas rintisan-rintisan tersebut, baik yang masih berupa ide dan gagasan, yang sudah mulai jalan tapi belum menghasilkan maupun yang sudah ter-implementasi dan menghasilkan income.

Investasi Saham & Reksadana
Tahun 2007 merupakan tahun keemasan bagi Bursa Efek Indonesia, indeks naik tajam lebih dari 30%, sebuah prestasi yang cukup membanggakan dan cerminan naiknya kepercayaan investor terhadap perekonomian Indonesia….imbas-nya, investor pemegang reksadana saham juga menikmati capital gain dari kenaikan indeks ini. Sayangnya saya belum sempet ber investasi reksadana.

Namun saya masih memegang salah satu saham perusahaan agro industri sebanyak xxx,000 lembar yang kalo di exercise pada harga 1,xxx/lbr menghasilkan nilai investasi sebesar Rp. 225 juta….target saya, saham ini akan saya hold sehingga harga mencapai Rp. 5,xxx/lbr di tahun 2012 sehingga nilai investasi saya menjadi Rp. 750 juta…wow..cukup besar juga …!! Yang lebih asyik, tahun 2008 ini saya juga masih bisa dapat saham kira-kira xxx,000 lembar…jadi total investasi saham saya di tahun 2012 mencapai xxx,000 lbr x Rp. x,xxx = Rp. 1,250,000,000 …ternyata sudah lebih dari SATU MILIAR…..modal awal yang saya keluarkan kira-kira sebesar Rp. 200 jutaan.

Tahun 2008 ini peluang investasi reksadana akan saya seriusi, target awal saya adalah investasi sebesar Rp. 25 juta di reksadana saham…..berdasar pengalaman kinerja tahun lalu dan prediksi para ahli, reksadana saham tahun 2008 akan menghasilkan growth sebesar 30 – 40%....jadi kalau kita asumsikan kenaikan konstan sebesar 35% dari 2008 s/d 2012, maka investasi Rp. 25 juta di tahun 2008 akan menghasilkan nilai investasi sebesar Rp. 112 juta di tahun 2012. Saya akan selalu ber investasi reksadana saham sebesar Rp. 25 juta setiap tahun dari 2008 s/d 2012..jadi dengan total investasi Rp. 25 jt x 5 = Rp. 125 juta dan growth konstan 35% menghasilkan nilai investasi Rp. 336 juta di tahun 2012. Saya sangat yakin, dengan pemilihan yang tepat….growth konstan 35% selama lima tahun akan bisa tercapai….seandainyapun terjadi crash di bursa dan harga turun, justru kesempatan buat saya untuk menambah investasi dengan hasil return yang makin besar………target investasi Rp. 25 juta setahun sudah tidak bisa di tawar-tawar lagi…!!

Coba kita hitung lagi dari hasil investasi saham dan reksadana selama 2008 s/d 2012..ternyata nilai investasi saya sudah mencapai Rp. 1,586,000,000 saya ulangi…SATU MILIAR LIMA RATUS DELAPAN PULUH ENAM JUTA RUPIAH..!!! apakah sudah cukup….? Belum…!! Ternyata untuk mencapai target SEPULUH MILIAR RUPIAH saya masih harus merencanakan sumber kekayaan sebesar Rp. 8,414,000,000

Property
Ketiga buku yang saya baca diawal tulisan ini dan beberapa buku lain tentang investasi semua menganjurkan bahwa salah satu area untuk pemupukan kekayaan adalah investasi di sektor property……….sampai saat ini, saya belum satupun memiliki investasi property kecuali rumah tinggal pemberian mertua (he..he..jadi malu..!! ini mah bukan investasi namanya). Membaca kisah sukses temen-temen TDA dalam ber-investasi property menyadarkan saya untuk segera ACTION megikuti jejak sukses mereka….action pertama saya adalah kirim email ke master property TDA yaitu James Sastrowijoyo....sudah dua kali email namun sampai seminggu belum dapat balasan….kemarin saya sms sang kompor TDA mas Hadi Kuntoro tanya nomor telpon Pak James…alhamdulillah sudah dapat nomor-nya..Insya Allah besok saya call dan minta waktu ketemu (belum sempet tulisan ini di upload, Bu Suryani dari JPI Coach sudah nelpon saya ngabarin akan ada JPI akhir april ini dan tanpa ba..bi..bu lansung aja saya daftar -> bener-bener LOA yang dahsyat).

Sampai saat ini ide untuk investasi property adalah beli kios nyicil dan set up retail/grossir-an garmen yang keuntungannya minimal bisa untuk mencicil angsuran kios..jadi kita untung 2x, pertama dari kenaikan harga kios, kedua dari investasi awal yang sangat kecil, hanya DP dan ketiga adalah keuntungan jualan garment…syukur-syukur keuntungan yang ketiga lebih dari cukup untuk mencicil…….Hal ini sudah di praktekkan oleh kakak saya di Bandung……saat ini dia sudah memiliki tiga kios di mall yang cukup strategis dan cicilan bisa terbayar lewat keuntungan penjualan…!
Target saya untuk investasi property adalah menghasilkan kekayaan Rp. 1.5 Miliar s/d tahun 2012……..saya yakin bisa bertemu guru James dan mendapat pencerahan…!! Property incaran saya di wilayah Jakarta selatan, dan seputaran bintaro dan BSD..!!
Dengan tambahan kekayaan Rp. 1.5 Miliar dari property, kekayaan saya menjadi Rp. 3,086,000,000….TIGA MILIAR DELAPAN PULUH ENAM JUTA RUPIAH…WOW…BANYAK SEKALI…! Tapi ternyata masih kurang Rp. 6,914,000,000 dari target Rp. 10 MILIAR…!!

Bisnis
Beberapa bisnis yang sejak tahun 2003 saya rintis sudah selesai pembelajarannya, diantaranya bisnis kontraktor di Depok….sukses saya tutup dengan biaya pembelajaran 100 juta lebih, bisnis EO saat ini hidup segan mati tak mau..tapi sudah tidak saya urusin..biaya pembelajaran yang keluar sekitar 20 jutaan dan bisnis waralaba CD pendidikan, karena kurang prospek layak di tutup saja, saat ini hanya menghabiskan stock yang ada..biaya pembelajaran kurang lebih 15 juta….

Justru beberapa bisnis yang dirintis oleh sahabat saya sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kesuksesan…dan saya yakin tahun 2008 ini sudah bisa menghasilkan massive income…….

Sahabat saya ini memang orang yang hebat..!! orang muda yang penuh semangat dan jeli melihat peluang… 4 tahun lebih muda dari saya…lulusan dari Fakultas paling elit dari Universitas ternama di Depok, namun belum pernah sekalipun jadi TDB. Sejak awal kuliah, lulus kuliah sampai sekarang selalu jadi TDA dan menebar rahmat kemana-mana. Jatuh-bangun sudah sering dilalui, mungkin biaya belajar-nya sudah mencapai miliaran rupiah…..namun selalu tegar dan optimis. Saya sangat bersyukur bisa mengenal orang sekualitas ini dan lebih bersyukur lagi sahabat saya ini dengan murah hati mengajak saya jadi partner bisnis-nya. Padahal secara financial kontribusi yang saya berikan tidaklah banyak….kepercayaan seperti ini sangatlah mahal, saya selalu berdo’a untuk selalu bisa menjaga amanah ini…..Saya do’a kan dengan sepenuh hati..semoga Sahabat saya ini menjadi orang yang sukses sebenar-benar sukses…..tidak hanya sukses di dunia tapi juga sukses di akhirat…kebetulan saat ini dia juga lagi umroh memenuhi undangan temennya dan saya yakin dia juga tak lupa mendo’akan saya….!!

PT GVM
Secara administratif perusahaan didirikan Tahun 2006 dengan modal investasi sekitar 100 jutaan…namun sempet stop karena mismanagement selama hampir delapan bulan, start February 2008 perusahaan ber operasi lagi dan menempati kantor baru seluas 50 M2 di Jl. Tendean – Jakarta Selatan. Perusahaan bergerak dibidang distribusi barang, alat berat dan mesin-mesin industri ke seluruh Indonesia…saat ini sudah menangani cukup banyak customer…di bulan pertama beroperasi sudah bisa menghasilkan keuntungan bersih Rp. 10 jutaan….prediksi keuntungan Maret ini sekitar Rp. 20 jutaan. Saat ini saya belum in charge aktif di management karena status TDB saya dan juga secara resmi belum tercatat sebagai pemegang saham dalam akta notaries, Insya Allah April/Mei ini akta pendirian perusahaan diubah….. Target saya tahun 2008 ini bisa menghasilan revenue sebesar Rp. 2 miliar dengan laba bersih sekitar Rp. 250 juta, kami masih konsentrasi mengerjakan customer-customer retail dengan kontrak antara 50 – 200 jutaan/project. Kedepannya kami akan mulai untuk targeting customer-customer besar dengan kontrak jangka panjang……beberapa sudah mulai kami dekati dan tanggapannya positif, segera setelah punya keyakinan tambahan modal, kami akan segera action untuk secure longterm contract 1 – 3 tahun project…. Dari PT GVM sampai tahun 2012 saya targetkan menghasilkan net income Rp. 1.5 Miliar..!

PT GTM
Kenaikan harga minyak dunia mengerek semua harga komoditi ke level tertinggi dalam sejarah, begitu juga batu bara sebagai salah satu sumber energy substitusi minyak…! PT GTM didirikan bulan Maret 2008 dan sudah ada investor yang siap untuk menggelontorkan dana awal sekitar Rp. 2 M. Buyer besar batu bara dari luar negeri juga sudah didekati dan dalam proses negosiasi akhir….tahap selanjutnya yang mesti dikerjakan adalah mencari lokasi penumpukan dan menghubungi penambanng-penambang kecil – menengah sebagai sumber penghasil batu bara. Saya belum terlibat dalam operasional perusahaan ini, semua di masih ditangani rekan saya. Namun seperti yang saya ceritakan dimuka bahwa rekan saya ini seorang yang murah hati, maka saya yakin pasti diajak, sekecil apapun kontribusi & sharing yang bisa saya berikan. Berdasar prediksi saya…perusahaan ini bisa menjadi cash cow yang sangat hebat karena trend primadona batu bara masih akan bertahan 5 – 10 tahun ke depan. Target pendapatan Rp. 5 miliar/tahun bukanlah angka yang muluk-muluk, bahkan akan sangat mudah di capai..!! Target pribadi saya perusahaan ini menghasilkan tambahan net income ke saya Rp. 2 Miliar sampai tahun 2012…! Atau Rp. 500 juta/tahun.

AGROBISNIS
Agrobisnis juga termasuk salah satu sector yang naik daun sebagai imbas mahalnya harga minyak. Saat ini yang sudah dilakukan rekan saya adalah menanam singkong…!! Ya singkong..? makanan orang desa. Tapi juga merupakan salah satu alternative untuk bahan baku bio fuel sehingga trend harga singkong naik terus..entah akan stop di harga berapa..saat ini harga rata-rata di wilayah lampung sudah mencapai 460/kg. Menanam singkong relative mudah dan tahan penyakit sehingga jaminan berhasil-nya cukup tinggi. Berdasarkan pengalaman petani-petani yang saya temui rata-rata biaya penanaman singkong adalah Rp. 3.5 – 4 juta/Ha dengan hasil produksi 25,000 Kg/Ha atau 25 Ton/Ha, setelah di potong ongkos transport dan biaya modal, rata-rata petani bisa memperoleh keuntungan Rp. 3 – 4 juta/Ha….100% dari nilai investasi, hasil seperti ini didapatkan setelah 10 – 12 bulan.
Rekan saya sudah mencoba seluas 50Ha, saat ini sudah usia 2 – 4 bulan, usia bervariasi karena waktu tanam juga tidak bersamaan. Saya tertarik sekali untuk investasi tanam singkong ini, namun karena posisi TDB saya belum memungkinkan…one day begitu full TDA saya akan langsung action tanam singkong….! Membayangkan memiliki 200 Ha lahan singkong sungguh menggiurkan…!! Net income bisa bertambah Rp. 800 juta..setiap tahun…wow…!!
Satu lagi yang saya lagi LOA kan adalah untuk usaha tanaman organic seperti yang dilakukan Bu Aning Harmanto….saya sangat berharap bisa kerjasama dengan beliau dan mas Hadi Kuntoro untuk mendirikan bisnis ini….saat ini sudah ada temen yang menawarkan tanah-nya di daerah cibubur seluas puluhan hektar untuk dipakai……..kalo sudah kembali ke Jakarta..pasti saya langsung action…Insya Allah bisnis ini dengan partner yang berpengalaman akan sangat menjanjikan…!!

Lain-lain
Sengaja saya kasih sub judul lain-lain karena ide-ide bisnis area ini belum detail dan rencana yang akan menjalankan adalah istri saya…yang pertama adalah buka toko online untuk busana muslim dan produk-produk batik asal Pekalongan…action pertama saya adalah mendaftar workshop buka toko online sehari yang diadakan TDA MS tanggal 5 April 2008 ini….saya sudah daftar namun masuk waiting list…!! Saya LOA kan semoga bisa ikutan workshop…!
Ide bisnis kedua adalah ikutan franchise-nya Ibu Yulia sang srikandi TDA untuk buka salon muslimah di wilayah Bintaro……..semoga saja belum ada yang buka. Saat ini baru tahap lihat-lihat lokasi dan ruko yang cocok, sekalian action property-nya Pak James…sekali dayung dua area source income bisa tercover…!!

Wah kayaknya banyak banget yang di LOA…!! Saya yakin semua akan tercapai, satu demi satu atau secara bersamaan……!! Target RP 10 MILIAR tahun 2012 SUDAH TERCAPAI dengan SUKSES.

No comments: