Monday, July 07, 2008

MY TOBE

Sebuah artikel yang sangat menarik dari Jamil Azzaini.

Membaca artikel ini, saya menemukan jawaban atas suasana hati saya saat ini yang sedang di persimpangan jalan.

Ternyata kita harus membuat grand design hidup kita sendiri. Kita komunikasikan dengan orang orang terdekat dan yang sangat penting kita komunikasikan pula dengan Sang pemberi hidup.

Kita jadikan semacam mantra dikala susah dan kehilangan pegangan, kita jadikan kompas dikala kehilangan arah, kita jadikan cermin yang memantulkan jejak langkah yang telah kita lalui...!

Terimakasih Pak Jamil atas pencerahannya...!

MYTOBE

Oleh : Jamil Azzaini

Bila Anda ingin melakukan acara di kantor atau di komplek perumahan, apakah Anda membuat proposal atau perencanaan kegiatan? Sebagian besar Anda pasti menjawab, “Ya, saya membuat.” Kepanitiaan di kantor atau di komplek perumahan hanya berlangsung beberapa bulan saja Anda membuat proposal. Mengapa? karena Anda tidak ingin kegiatan itu gagal atau berantakan. Anda tidak ingin bertaruh.

Hidup Anda jauh lebih lama dibandingkan kegiatan kepanitiaan. Seharusnya Andapun membuat proposal hidup agar hidup Anda tidak berantakan. Namun, banyak diantara kita yang justeru serius terhadap kegiatan yang hanya berlangsung beberapa bulan dan abai terhadap hidup kita yang berlangsung puluhan tahun.

Anda perlu membuat proposal hidup, blue print hidup. Saya menyebutnya MY TOBE. Isi dari MY TOBE adalah penjabaran dari bintang terang/impian hidup/prestasi tertinggi yang ingin di raih. Saya menyarankan, jangan main-main dengan hidup Anda. Susun MY TOBE Anda yang melibatkan pasangan hidup, orang tua, saudara dan kerabat serta guru kehidupan.

Saya sendiri membuat MY TOBE dengan konsep KIAT JAMIL yang merupakan singkatan Kesuksesan dimulai dengan menuliskan Bintang Terang. Identifikasi kekuatan dan kelemahan diri. Allah & Rosul merupakan hakim atas semua perbuatan saya. Tingkatkan terus kemampuan.

JAMIL. Jaringan diperluas dan dipelihara. Ambilah resiko yang menantang. Milikilah komitmen. Ikrarkan bintang terangmu. Lakukan secara bertahap. Masing-masing poin tersebut saya rinci sebagai mana layaknya proposal. Bila saya lagi lemah semangat maka segera saya baca MY TOBE dan semangat itu akhirnya muncul kembali.

KIAT JAMIL merupakan MY TOBE saya. Saya buat Jamil banget. “nendang” untuk saya tapi belum tentu “nendang” untuk orang lain. Saya sampaikan ini semoga memberi inspirasi buat Anda bukan agar Anda juga membuat KIAT JAMIL. Tapi saya menyarankan Anda membuat MY TOBE yang Anda banget.

Bila saya baca MY TOBE bulu kuduk saya berdiri, merinding. Inilah proposal yang kelak akan saya pertanggungjawabkan dan saya banggakan di hadapan Sang Pencipta.

Rincian detil MY TOBE yang berjumlah kurang lebih 12 halaman itu saya berikan kepada istri, orang tua, saudara, sahabat, guru kehidupan dan orang-orang yang saya percaya. Dari mereka semua saya memperoleh masukan dan komentar tentang MY TOBE saya. Setelah masukan dan komentar itu saya olah, jadilah MY TOBE yang berjumlah 12 halaman itu

MY TOBE itu akhirnya saya cetak dan saya bawa ke tanah suci. Disanalah MY TOBE itu saya sampaikan kepada Allah, Sang Pengatur Hidup. Merinding ketika saya menyampaikan MY TOBE itu. Menangis saya ketika menyampaikan itu kepada yang memberi saya hidup. Ketika itu, saya benar-benar sedang berdialog dengan-Nya. Saya sedang memohon agar proposal saya itu disetujui oleh Sang Pemberi Nikmat. Itulah presentasi terbesar dalam sejarah hidup saya.

“Ya Allah, inilah jalan hidup yang akan saya tempuh. Bila dengan ini Engkau semakin mencintaiku, keberadaanku memberi manfaat untuk orang-orang di sekitarku, bantu aku. Tapi bila dengan ini Engkau menjauh dariku, keberadaanku menambah beban orang-orang yang mencintaiku, jauhkan aku”

MY TOBE saya yang merupakan proposal hidup sudah saya sampaikan kepada Sang Pengatur Alam, Allah. Sejak saat itu, setiap langkah yang saya lakukan selalu merujuk pada MY TOBE. Bila saya bingung, saya baca kembali MY TOBE itu. Bila ada perkembangan terbaru yang terjadi di dunia, saya teliti lagi MY TOBE saya. Bila suatu saat perlu disesuaikan dengan perkembangan dunia, MY TOBE itu akan saya sesuaikan.

MY TOBE itu menjadikan hidup saya semakin hidup, penuh gairah dan saya merasa mengalami berbagai lompatan kehidupan setelah MY TOBE itu saya presentasikan di tanah suci. Nah, bila hidup Anda ingin lebih bergairah, terarah, semakin bermakna dan mengalami berbagai lompatan besar, buatlah MY TOBE. Jangan pertaruhkan Anda.

source : http://jamil.niriah.com/

No comments: