Thursday, April 02, 2009

Dream Big !


Beberapa minggu ini anak sulung saya, Iqbal Hakim ( 10 tahun ), membongkar bongkar koleksi majalah Trubus di rumah. Dari edisi kuno tahun 2005 an sampai edisi terbaru Maret 2009. Hampir semua peluang usaha dia baca !

Nah dua hari lalu mama nya bercerita kalo Iqbal sudah mempresentasikan sebuah proposal bisnis. Memang belum secara tertulis, tapi sambil bercerita dia bawa kalkulator dan mulai dengan hitungan hitungannya…...pantesan saja beberapa hari terakhir setiap saya pulang dia selalu pegang kalkulator kemana mana. Bahkan dikamar mandi pun selalu dia bawa beserta majalah Trubus nya.

Rupanya dia sangat tertarik dengan artikel peluang usaha sapi perah organic yang dilakukan di Jerman. Langsung saja dia tarik beberapa asumsi yang ada dan dihitung dengan business plan dia.

Dia menghitung kalo sebuah sapi perah akan menghasilkan 30 liter susu/hari. Dengan asumsi harga susu Rp. 3,500 per liter maka dari satu sapi akan menghasilkan Rp. 105,000/hari.

Kemudian dia ber asumsi kalo kita punya 1,000 sapi perah, maka tiap hari akan menghasilkan Rp. 105,000,000 / hari. Sebuah angka yang cukup besar untuk pendapatan harian. Artinya kalo setahun bisa produksi 360 hari kerja, maka omset susu sapi kita menjadi Rp. 37.8 Miliar…lumayan untuk sebuah UKM nantinya.....

Yang membuat saya takjub dan heran dengan ide liarnya. Tiba tiba dia menghitung dengan besaran yang sangat fantastic..! Bagaimana kalau kita memelihara 90,000 ekor sapi. Kira kira berapa penghasilan kita ? dia ambil calculator nya dan mulai menghitung....ternyata kalkulatornya error ! he.he.he

Saya ambil kalkulator milik saya dan saya hitungkan. Iqbal mulai menghitung angka nol nya dan keluar angka Rp. 3.4 triliun...he.he.he ini sih sudah level konglomerasi menengah Indonesia...!

Ketika saya tanya, dengan 90,000 ekor sapi bagaimana cara memerahnya ? dengan enteng dia jawab..pake mesin perah..semua sapi tersalur dengan mesin perah ke selang menuju penampungan ! dia ambil majalah Trubus nya dan perlihatkan gambar sapi sapi di kandang dengan selang perah nya. Ini di Jerman juga bisa...kenapa kita nggak bisa !

Ternyata dream anak saya di usia 10 tahun sudah melebihi dream Bapaknya !

Semoga semua cita cita mu tercapai nak ! Tidak ada yang tidak mungkin kalo kita mengusahakannya !

3 comments:

TRI JOKO MARGONO said...

Iqbalnya sama, umur iqbalku 6 th yang dia ajukan selalu PS nya bisa disewakan ya Pa biar celengan adik cepet penuh isinya trus unt beli PS lagi disewakan lagi

WURYANANO said...

wah senangnya punya anak-anak yang luar biasa prima, seperti mas Didi dan mas Tri Margono.

Semoga jadi anak-anak sukses dan berbakti.

Salam Sukses Penuh Berkah dari Surabaya,

Wuryanano
Motivational Blog - Support Your Success
Entrepreneur Campus - Support Your Future

Ardiansyah Abdullah said...

Anak mas joko namanya iqbal juga ya ? wah what a coincidence..ini hukum likes attract likes kali ya..? Semoga kita bisa banyak kolaborasi di lampung nantinya pak..

Mas nano, nanti kedua iqbal ini juga mesti banyak belajar ke mas rafidh yang pebisnis sukses itu...he..he.he

Salam sukses luar biasa prima