Saturday, August 30, 2008

Listening Power


Sebuah nasehat menarik saya ambil dari Brian Tracy. Seni sebuah percakapan yang baik dan bermutu adalah pada kemampuan kita bertanya dan menjadi seorang penyimak yang baik.

Ask Open Ended Question
Bertanyalah terhadap apa yang menjadi keingintahuan Anda dengan pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan jawaban Ya atau Tidak. Pertanyaan seperti ini akan memancing mitra bicara kita mengexplore segala pikiran dan pendapatnya untuk memberi jawaban. Konon kualitas kepandaian seseorang bisa ditentukan dari kualitas pertanyaan yang diajukan.

Be Content to Listent
Jadilah seorang pendengar yang baik. Lebih tepatnya jadilah seorang penyimak yang baik. Pahami dengan seksama apa yang menjadi mitra diskusi Anda dan coba menahan diri untuk tidak mendominasi pembicaraan

Share the Opportunity to Talk
Berdiskusi ibarat bermain pingpong. Tidaklah asyik kalau hanya satu orang yang berbicara dan yang lain selalu mendengarkan. Bila saatnya tepat Anda juga harus berbicara mengemukakan pikiran dan pendapat Anda. Diskusi seperti inilah yang banyak memberi nilai tambah pada kedua belah pihak.

Learn to Listen
Mendengarkan adalah kemampuan yang sangat penting dalam menunjang sukses seseorang. Tidak semua orang bisa menjadi penyimak yang baik. Bawaannya memotong pembicaraan seolah olah sudah mengerti semua yang akan diomongkan mitra bicara kita. Kebetulan sekali saya memiliki bos type seperti ini, expat pula...jadi lebih sering monolog daripada sebuah diskusi !

Semoga bermanfaat

No comments: