Saturday, August 30, 2008

Selamat Ulang Tahun - Mr. Warren Buffet









Hari ini, 78 tahun yang lalu, 30 Agustus 1930 telah lahir seorang bocah kecil di sebuah kota bernama Omaha.

Bayi mungil ini dinama Warren Buffet, lahir dari seorang ayah yang pedagang saham dan aktivis partai Republik serta seorang ibu rumah tangga biasa.

Buffet kecil sangat menyukai bisnis. Umur 6 tahun Buffet sudah berdagang Coca Cola, membeli grosiran dari toko kakeknya dan menjualnya eceran, dari bisnis ini Buffet mengantongi keuntungan 20% dari harga beli.

Umur 11 tahun Buffet sudah mulai membeli tiga lembar saham perusahaan Cities Service pada harga $ 38 per lembar. Tak lama kemudian harga sahamnya jatuh menjadi $ 27, namun Buffet tidak menjualnya. Belakangan harga rebound ke $ 40 dan diapun menjualnya. Sebuah keputusan yang masih dia sesali karena kemudian harga saham ini naik menjadi $ 200.

Dari kejadian itu dia mengambil kesimpulan bahwa dalam permainan saham, kesabaran akan memenangkan pertempuran !

Umur 30 tahun Buffet mendirikan tujuh perusahaan investasi. Pemodal awalnya adalah para dokter. Ketika itu ada sebelas dokter yang ber investasi masing – masing $ 10,000 di perusahaan investasinya. Dua tahun kemudian, tahun 1962, pada usia 32 tahun Buffet sudah mulai menjadi miliarder dengan kekayaan bersih $ 1,025,000.

Pada tahun ini pula Buffet membeli saham prusahaan textile Berkshire Hathaway senilai $ 8 per saham. Perusahaan inilah yang kemudian menjadi kendaraan investasinya menuju kekayaan yang berlimpah. Pada tahun 1967 perusahaan ini membagikan deviden pertamanya. Buffet menjadi benar benar kaya pada usianya yang ke 37 ini dengan estimasi portfolio investasinya mencapai $ 60 juta.

Pada tahun 2008 lalu, Buffet dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia oleh majalah Forbes dengan estimasi kekayaan $ 62 Miliar ( setara Rp. 564 triliun ). Namun kesehariannya tetaplah sederhana. Rumah nya tetap di Omaha dengan tiga kamar yang dia tempati sejak tahun 1950-an. Mobilnya tetap Cadillac tua yang dia kendarai sendiri kemana mana. Bahkan Buffet tidak pernah membawa handphone dan tidak memiliki komputer di mejanya.

Tapi Buffet sangat royal ! Royal dalam hal amal, tahun 2006 dia mendermakan 85% kekayaan di perusahaan investasinya ke tujuh yayasan, diantaranya yang terbesar ke yayasan Bill & Melinda Gates..... ditaksir uang yang didermakan mencapai $ 30.7 miliar ( setara dengan Rp. 279 triliun )

Konon, kunci utama kesuksesan Buffet adalah ketelitiannya mencermati saham saham yang under value, membelinya dan mengoleksi dalam jangka panjang. Tidak peduli harga saham rontok dalam jangka pendek. Sepanjang fundamental bisnis nya kokoh, Buffet tetap tidak menjual saham seperti ini....

Kunci kedua adalah fokus pada bisnis yang dia mengerti ! Bahkan pada saat booming dot com melanda Amerika tahun 1990 an Warren Buffet tetap bergeming untuk tidak menyentuhnya. Bill Gates pun tidak mampu membujuknya untuk ikut membeli saham Microsoft........

Ketajaman analisa Buffet terbukti, saham dot com kemudian hancur berantakan mengalami reposisi..walau kemudian berjaya lagi sekarang....

42 tahun kemudian, 30 Agustus 1972, disebuah desa kecil bernama Kranji, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, telah lahir seorang bayi mungil yang kemudian dinamai Ardiansyah Bin Abdullah. Lahir dari seorang Ayah yang pedagang batik dan ketua sebuah partai non pemerintah di jaman orde baru serta seorang Ibu rumah tangga biasa....

Ardiansyah kecil biasa dipanggil Didi, karena gemuk dan lucu, orang orang sering mengolok oloknya dengan panggilan Sinyo......nama panggilan salah satu bintang komedi saat itu.

Didi kecil sangat menyukai berbisnis........disamping selalu bermain dengan teman teman sebayanya. Kelas 5 SD ia sudah mengumpulkan besi bekas onderdil truk orang tuanya untuk dijual ke lapak besi bekas, mengumpulkan koran bekas untuk dijual di toko pecinan.... Kelas 6 SD sudah ikut jadi buruh pasang kancing di industri garmen rumahan yang selalu rame order menjelang dan saat puasa..

Semua bisnis dan profesi ini ditekuninya untuk mengongkosi hobinya membaca komik dan nonton film silat.........

Beda dengan Warren Buffet yang fokus, sabar dan menekuni apa yang dia mengerti....

Didi tidaklah demikian. Ia senang mencoba hal hal baru, jarang bisa fokus dan kurang tekun mempelajari satu hal. Maunya mengerjakan banyak hal, mudah bosan dan sampai sekarang belum juga jelas entah apa yang menjadi kompetensinya......

Tidaklah heran pada usianya yang menginjak 36 tahun, sudah sembilan perusahaan sempat disinggahi, mendirikan beberapa usaha yang juga belum optimal. Namun semua disikapi sebagai hal yang wajar.......sebagai sebuah proses menuju kehidupan penuh berkah yang selalu diimpikannya.

Warren Buffet memiliki tiga anak, perempuan yang sulung, diikuti dua anak laki laki. Demikian juga Didi yang memiliki tiga anak, dua anak laki laki dan anak ketiga seorang perempuan...

He..he..he ternyata saya punya banyak kesamaan dengan Warren Buffet. Berbagi tanggal lahir yang sama, sama sama memiliki tiga anak, satu perempua dan dua laki laki juga memiliki seorang ayah yang pedagang dan politisi.

Kalau Warren Buffet mulai menuai kesuksesan luar biasa pada usia 37 tahun. Entahlah apakah tahun 2009 ini, saat usia saya menginjak 37 tahun, saya juga ikutan sukses dengan bisnis bisnis yang saya rintis bersama sahabat sahabat saya....

Wallahua’lam ! Hanya Allah yang maha tahu.......tugas kita hanya berusaha sebaik baiknya, selalu bersyukur atas semua nikmat yang diberikan, meramu semua proses menjadi adonan yang bisa dinikmati dan memberi berkah semua orang...

Selamat ulang tahun Mr. Warren Buffet ! Selamat ulang tahun Ardiansyah !

Semoga keberuntungan yang menghinggapi Mr. Buffet juga menghinggapi saya !

Terimakasih !

Alhamdulillah ya Allah, telah Engkau anugerahi aku dengan nikmat yang tidak bisa kuhitung. Kesehatan yang sempurna, keluarga yang sakinah dan penuh berkah, anak anak yang sehat dan cerdas cerdas, istri yang sholihah dan rejeki yang selalu berlimpah......Amin.

Semua kemulian dan kekayaan hanyalah milik-Mu semata.

4 comments:

WURYANANO said...

LUAR BIASA PRIMA !!!

Selamat Ulang Tahun, Mas Didi.

Semoga Ultah menjelang bulan suci Ramadhan ini semakin memberikan berkah kelimpahan hidup dan full protect dari Allah SWT.

Selamat Berpuasa, Semoga Ibadah Puasa Kita bisa diberkahi Oleh Allah SWT.

Sukses selalu, Bro!

HADI KUNTORO said...

Congratulation..!
Good Idea, tulisannya apik nih..
Salam FUNtastic..!

Ardiansyah Abdullah said...

Mas Nano & Kang Hadi, terimakasih atas comments, support & dukungannya. Kata orang inspirasi dan doping semangat bisnis bisa dari apa saja..nah kebetulan saya menemukan inspirasi dahsyat berupa kesamaan tanggal lahir dengan orang terkaya di dunia...dan kesamaan2 lainnya..he..he..

Sukses selalu ya !

Rusman Hakim said...

Salam kenal Mas Ardiansyah.. Selamat Ulang Tahun ya.. meski terlambat.. Semoga Anda bisa seperti Pak Warren Buffet.. Amin.. Tulisan Anda sangat interesting..

Rusman Hakim