Monday, June 23, 2008

Kung Fu Panda


Jika keluarga Anda suka menonton film di bioskop, bawalah anak istri anda sekarang untuk nonton film Kung Fu Panda. Saya membawa keluarga kami nonton bersama dua minggu lalu di Pondok Indah Mall.

Kung Fu Panda adalah film cartoon animasi yang dikemas sangat apik oleh Dreamworks Animation dan dibintangi nama nama besar seperti ; Dustin Hoffman, Jack Black, Angelina Jolie, Jacky Chan dan Lucy Liu.

Film ini bercerita tentang ‘seorang’ panda gemuk bernama Po yang sangat terobsesi oleh kungfu dan bermimpi menjadi Pendekar Naga. Padahal ayahnya hanyalah seorang penjual bakmi biasa dan sudah turun temurun berdangan mie dengan resep rahasia turunan.

Cita cita ayahnya pun tidak pernah muluk muluk. Hanya minta Po meneruskan usaha warisan keluarga karena dalam darahnya mengalir kuah kaldu. Ayahnya setiap hari terus menerus menanamkan bahwa bedagang mie adalah panggilan jiwa keluarga.

Namun Po dengan segala tekadnya pergi ke puncak gunung tempat pemilihan Pendekar Naga dilaksanakan. Dengan badan yang sangat gemuk Po susah payah naik tangga demi tangga dan meninggalkan gerobak mienya. Po sampai di arena sesaat setelah pintu gerbang perguruan ditutup.

Dengan segala upaya Po mencoba masuk dan hanya berhasil setelah naik kembang api, jatuh persis didepan Mahaguru, Kura Kura bijak nan sakti, saat menunjuk Pendekar Naga terpilih. Po pun terpilih jadi Pendekar Naga dan selanjutnya adalah sejarah bagi Po.

Menyaksikan film ini, setidaknya ada tiga hal yang merupakan filosofi mendalam untuk mencapai kesuksesan.

Tidak Ada Kebetulan
Begitu selalu dikemukakan Sang Kura Kura untuk menjustifikasi pilihannya pada Po. Padahal Po tidak pernah berlatih kungfu diperguruan. Sementara kelima jagoan murid Master Shifu merasa lebih berhak.

Pelajaran yang bisa kita tarik adalah bahwa Po selalu terobsesi menjadi Pendekar Naga, bahkan selalu terbawa mimpi, dikamarnyapun penuh dengan simbol simbol Pendekar Naga.

Effort dan action sekecil apapun merupakan tumpukan bata yang akan memuluskan jalan sukses Po. LOA Po bekerja dengan sempurna !

Pantang Menyerah
Po bersusah payah menaiki puncak perguruan, tangga demi tangga dengan penuh semangat. Po melepaskan semua bebannya, gerobak mie, yang tidak menunjang cita citanya menjadi Pendekar Naga. Po berlatih keras setelahnya untuk membuktikan bahwa cibiran lima murid Master Shifu salah. Resiko benjol benjol kena gebuk sana sini dijalaninya.

Bahkan setelah termotivasi oleh makanan yang di tawarkan Master Shifu, berlatih dengan sangat keras dan enjoy...

Tidak Ada Resep
Gulungan jurus sakti Pendekar Naga yang mampu mengubah pewarisnya menjadi pendekar sakti mandraguna ternyata hanyalah gulungan kertas kosong yang memantulkan wajah orang yang melihatnya. Po dan Master Shifu bingung kenapa tidak ada jurus jurus sakti didalamnya.

Dalam frustasinya Po pulang ke rumah menemui ayahnya. Seperti biasa ayahnya membujuk Po untuk meneruskan berjualan mie. Saat itu ayahnya menuturkan bahwa resep rahasia turunan untuk membuat mie yang lezat adalah tidak ada resep.

Aha ! Po pun menemukan hal yang sama dan sebangun dengan kosongnya gulungan naskah ilmu Pendekar Naga. Kosong ! tidak ada jurus khusus. Resep utama sukses sudah ada pada diri kita sendiri. Rasa percaya diri kalau kita pasti sukses ! kesulitan apapun yang menghadang pasti bisa dipecahkan kalau kita punya rasa percaya diri bahwa kita pasti sukses.

Selamat menikmati film nya. Semoga kita bisa mendalami filosofi nya dan mempertebal rasa percaya diri kita untuk sukses !

No comments: