Thursday, April 10, 2008

Indahnya Berbagi

Peristiwa ini saya alami beberapa bulan lalu, namun hikmah nya masih terasa sampai sekarang, kalau saya memikirkannya, kadang saya merinding sendiri dan mau meneteskan air mata.

Seperti biasanya, hampir setiap Jum’at sore saya dari Lampung kembali ke Jakarta dengan pesawat terakhir Sriwijaya Air jam 18.20, hari itu, seperti juga hari-hari yang lain pesawat terlambat sekitar satu jam. Saya sampai di bandara Sukarno Hatta sudah lebih dari jam delapan malam, perut sudah keroncongan dan terlihat banyak penumpang antri di pool taksi.

Sayapun mampir ke KFC untuk sekedar mendapatkan ayam dan kentang hangat pengisi perut, daripada terjebak macet kelaparan lebih baik jalanan lancar dan dalam kondisi kenyang.

Tiga anak tanggung umur 10 – 13 tahunan sambil menenteng sikat dan semir sepatu mendekati saya,

“Semir sepatunya Pak ?, begitu katanya.

Sambil masih mengunyah ayam dan kentang, sayapun mengiyakan. Tak berapa lama kemudian ganti saya yang memberi penawaran ke mereka,

“Adik-adik ini sudah pada makan malam belum..?

Serempak mereka menjawab; “Belum Pak !

“Mau nggak saya belikan paket KFC ?

“Wah mau banget Pak !, jawab mereka

Saya keluarkan uang seratusan ribu dan kasih ke mereka untuk segera order

Sambil menerima uang saya, mereka berkata :
“Pak boleh nggak kalau tidak makan disini, kami bungkus aja !

Saya tercenung sejenak dan bertanya; “Kenapa mesti dibungkus ? “

“Soalnya di rumah ada adik perempuan dan ibu kami, dan kami tahu mereka juga pasti belum makan malam”

“Kalau saya bawa pulang makanan ini, mereka pasti akan sangat bahagia malam ini”.

Saya terhenyak dan takjub !!

Lihatlah betapa hebatnya mereka ! Anak-anak kecil yang mungkin seumur hidupnya belum pernah makan KFC, disaat mendapat kesempatan makan enak dan sekejap bisa kenyang, mereka masih memikirkan orang-orang yang mereka cintai !

Sungguh luar biasa semangat berbagi mereka !

Saat itu pula saya mendapat pelajaran yang sangat berharga yang tidak bisa saya dapatkan di sekolah manapun, dipelatihan manapun, hanya bisa kita dapatkan dalam sekolah kehidupan.

Ayat-ayat Allah bertebaran di mana-mana, tinggal kita saja yang kadang menumpulkan hati dan susah mencerna semua pelajaran tersebut.

Sungguh, apabila kita bekerja dan berjuang untuk orang-orang yang kita cintai, tulus berbagi apa saja dengan mereka, penuh rasa syukur dan ikhlas. Pasti nikmat Allah SWT akan selalu tercurah dari langit untuk kita, seberapapun banyaknya yang kita minta, karena Allah Maha Kaya dan Maha Pemurah. Amin

Wassalam

No comments: