Friday, April 11, 2008

Mengurai Rahasia Faktor Kali ( Ultraman )

Artikel ini masih merupakan oleh-oleh dari mengikuti seminar Pak Tung tanggal 5 – 6 April lalu. Sesi itu kalau saya tidak salah dinamakan permainan uang (saya tidak begitu jelas namanya, maklum duduk dibelakang), kami diminta untuk membagi kertas menjadi enam bagian dan menulisi-nya dengan angka 10, 20, 30, 40, 100 dan 200 untuk setiap kertas. Kalau diumpamakan kertas itu uang, maka modal awal kita adalah Rp. 400 ( 10 + 20 + 30 + 40 + 100 + 200 )

Kemudian kita diminta untuk saling tukar menukar, jual beli atau apapun namanya dengan temen-temen di sekitar tempat duduk kita dalam waktu yang terbatas 1 – 5 menit ya..? saya agak lupa. Pada akhir permainan kita harus menghitung kembali jumlah uang kita dengan aturan : Kalau mendapatkan kertas yang sama angka nya maka di kalikan dan kalau kertas yang berbeda angka maka cukup di jumlahkan.

Ketika mulai, semua peserta seminar hiruk pikuk, sibuk menukarkan uangnya kesana kemari, ada yang asal nukar biar cepat selesai ada pula yang bingung tertawa tertawa sendiri. Saat pertukaran pertama saya, peserta yang duduk disebelah saya memberikan kertas bertuliskan 200 dan saya kasih kertas saya nilai 40……..

Aha…! Saat itu pula saya sadar akan esensi dari permainan ini……mencari factor kali, apalagi kalo factor kali berasal dari sesuatu yang besar…! Hasilnya pasti akan lebih menakjubkan..! sayapun segera action dan memberi penawaran.

“Siapa yang punya angka 200, mohon bisa ditukarkan ke saya…! Ajaib, ada empat orang yang datang ke saya dan menyerahkan kertas bertuliskan angka 200, saya ganti dengan kertas lain yang saya miliki selain angka 200. Koleksi kertas saya jadi 200 lima buah dan 100 satu buah, beberapa detik menjelang permainan berakhir, saya masih nego dengan peserta lain untuk menukarkan 200 yang dia miliki dengan satu-satunya angka 100 yang masih tersisa di saya, namun sampai permainan berakhir peserta ini tidak mau bertukar.

Permainan berakhir…! Pak Tung minta kita menghitung berapa banyak yang kita peroleh…..! Hasil hitungan saya adalah : 200 x 200 x 200 x 200 x 200 + 100 = Rp. 320,000,000,100. Sungguh luar biasa : Tiga Ratus Dua Puluh Miliar Seratus Rupiah..!
Memang Dahsyat efek dari factor kali……apalagi kalo factor kali dari sesuatu yang besar, efeknya lebih multiple lagi…! Hanya dengan modal Rp. 400 bisa mendapatkan uang sebesar itu dalam waktu yang singkat.

Semua kertas kertas itu sampai saat ini masih saya simpan, sambil saya impikan suatu saat akan berubah menjadi ‘kertas yang lain’ dengan nilai yang sama.

Setidaknya ada tiga hal yang saya pelajari dari permainan ini :

1. Fokus mencari factor kali
2. Faktor kali dari sesuatu yang besar efeknya bertambah dahsyat
3. Mengkomunikasikannya dengan orang yang tepat yang memiliki factor kali yang kita cari dan menegosiasikannya.

Nah coba kita ber andai-andai……..!

Anda adalah pedagang garmen, lets say pedagang selimut seperti salah satu member TDA, kalau harga selimut Rp. 100,000 /buah dan anda melayani seratus ribu orang maka factor kali Anda adalah 100,000 X, hasilnya luar biasa..! omset mencapai 100,000 x 100,000 = Rp. 10 Miliar….! Mas Hadi, semoga omset ini segera anda capai bulan depan..!

Dengan factor kali yang sama, mari kita naikan dengan product/barang/jasa atau apapun yang lebih besar nilainya…kita ambil contoh rumah atau apartemen… tidak usah yang mewah-mewah…! Rumah yang standar saja seharga Rp. 150 juta / rumah, dengan factor kali yang sama omset Anda menjadi Rp. 150 juta x 100,000 = Rp. 15 Triliun. Angka yang dahsyat bukan………? Anda bisa sekaya Ciputra, Mochtar Riyadi ataupun keluarga Trihatma Haliman pemilik Agung Podomoro.

Untuk lebih merangsang otak belakang kita……dengan factor kali yang tetep sama, mari kita naikkan dengan produk/barang/jasa ataupun sesuatu yang lebih besar lagi….! Bisa berupa pertambangan, perkebunan atau perusahaan….!! Kita ambil contoh perusahaan..! Apakah kita harus mengelola 100,000 perusahaan..? tentu Tidak….akan cukup merepotkan kalau itu yang Anda lakukan, walaupun tetap bisa dijalankan.

Lantas bagaimana caranya…..?

Anda pernah dengar Warren Buffet………? Nah coba tanyakan ke Om saya itu..! atau minimal pelajari buku-buku tentang dia, lebih mudah lagi search saja nama dia di Google. Om Buffet sudah melakukannya…! Mengurai rahasia factor kali dengan sesuatu yang besar…Hasilnya…? Si Om dinobatkan jadi orang terkaya nomor satu di dunia, melengserkan raja software Bill Gates di urutan tiga dan Carlos Sim Helu, juragan baru dari Meksiko, di nomor dua…!

Bagaimana dengan Anda……….? Sudahkah Anda pelajari dan praktekkan rahasia factor kali……!!

2 comments:

Unknown said...

terima kasih pak :) artikel nya bagus penuh dengan trik - trik yang menggugah untuk menjadi lebih baik. salam kenal ya pak dari surabaya :)
hatur nuhun

Damu said...

Bos Didi,
bener banget yg anda nyatakan..
ternyata orang bisa sukses kalau ngerti yang namanya KALI ("X")..
hehehe..bego amat gua ya, ndak merhatiin selama ini KALI itu sangat penting utk lebih sejahtera..(sorry agak sarkastis..biarin dah ngetawain diri sendiri duluan, drpd diduluin orang..hihihi..)
tapi gimana ya hal sederhana itu bisa happened diriku ini?

Salam,