Wednesday, December 07, 2011

Produktivitas Nge-Blog

Pagi ini iseng-iseng saya blog walking setelah sekian lama tidak melihat blog-blog teman-teman. Salah satu yang saya cermati dan baca semua artikelnya adalah blog anak saya Iqbal Hakim dan blog Istri.

Ternyata kedua blog tersebut jauh lebih produktif dari blog saya sendiri. Padahal saya sudah jauh lebih lama nge-blog dibanding mereka. Saya mulai menulis blog sejak tahun 2005. Sementara Iqbal mulai menulis blog sejak Mei 2009 dan Istri mulai menulis sejak April 2008

Iqbal mulai menulis sejak kelas lima SD, blognya banyak bercerita penglaman sehari-hari, baik disekolah, saat bermain dengan teman-temannya maupun saat bersama keluarga dirumah ataupun bepergian liburan.

Dia juga banyak menulis ulasan-ulasan game-game unggulan yang sering dia mainkan. Belakangan juga memasukan bahasan seluk beluk virus, mungkin ini yang sering dia temui saat bermain-main dengan laptop barunya.

Produktifitas menulis Iqbal sungguh menakjubkan ! tahun pertama nge-blog dia bisa membuat 55 tulisan dari berbagai topik bahasan diatas. Padahal saat itu ia masih kelas 5 SD. Saat naik ke kelas 6 dimana beban belajar menyiapkan UAN sangat berat dan PR juga padat, Iqbal masih berhasil menelurkan 31 tulisan karyanya di blog. Pencapaian yang lumayan untuk anak seusianya...

Tahun 2011 ketika mulai masuk SMP, kebiasaan menulis di blog sempat vacum, dari Januari sampai Juni, tidak ada satu tulisanpun di blognya. Hal ini mungkin karena jadwal yang sangat padat dan penyesuaian di sekolah barunya. Menginjak Juni sampai dengan bulan Desember ini, Iqbal kembali produktif, sudah 58 tulisan berhasil dia pos kan sampai hari ini.


Pada awalnya saya mewajibkan Iqbal untuk selalu update blognya minimal seminggu sekali, kalo berhasil lebih saya tambah jatah waktu main game dan kalo tidak ada update dalam satu minggu jatah waktu main game berkurang.

Tadinya Iqbal merasakan ini sebagai sebuah kewajiban setengah paksaan, mau tidak mau karena takut waktu main game-nya berkurang, dia mesti menulis, apapun topiknya.

Namun dua tahun terakhir kebijakan seperti itu sudah tidak diterapkan lagi, Iqbal sudah memiliki kesadaran sendiri untuk nge-blog, bahkan saya lihat dia sangat menikmati update blognya...

Sementara istri saya jauh lebih produktif dari kami, blog yang dibuat sejak April 2008 sudah mengoleksi 293 tulisan. Semua tulisan bercerita kejadian sehari-hari dalam keluarga kami, kejadian remeh-temeh yang selalu menyenangkan untuk diceritakan. Terutama polah-tingkah ketiga anak kami; Iqbal, Hafiz dan Sekar disertai foto-foto lucu mereka.

Blog ini diisi dengan sangat konsisten, hampir tiap minggu selalu ada tulisan, seolah-oleh tidak pernah ada hambatan apapun untuk selalu menulis dan update blog. Kekonsistenannya patut dipuji, bahkan ditahun 2011 sangatlah produktif, rata-rata tiga belas tulisan tiap bulan atau hampir tiap dua hari sekali ada update.

Padahal istri saya juga cukup sibuk, mengurus anak-anak dirumah, menyiapkan bahan mengajar sebagai dosen dan masih harus membaca jurnal tiap hari karena sedang mengambil program doktor.

Setelah saya amati ternyata kunci produktivitasnya terletak pada kebiasaan menulis, topik keseharian seola-oleh menjadi sumber inspirasi yang tiada habis shg bisa dituliskan kapan saja...

........cara ngeblog-nya juga menjadi strong poin tersendiri, hampir semua update blog ditulis melalui email, dengan blackberry ditangan, dia bisa kapan saja dan dimana saja kirim tulisan ke blognya, tanpa harus ribet-ribut cari komputer atau laptop, cari koneksi internet dan login dulu.....dengan email Blackberry memudahkan semua dan makin produktif...

Dari ketiga blog tersebut, sayalah yang paling tidak produktif. Bahkan sempat vakum di tahun 2010, hanya ada tujuh tulisan dibulan April dan Agustus. Di tahun 2011 pun saya baru mulai produktif menulis di bulan November dan Desember ini, sebelumnya nol besar ! hanya ada satu tulisan di Agustus.

Mungkin ini juga akibat pengaruh twiiter, makin banyak orang update status di twitter dengan ide-ide 140 huruf yang bisa langsung dilontarkan, makin malas orang menulis blog...begitu juga saya...

Kunci produktivitas di bulan November karena saya meniru cara istri nge-blog. Saya tulis dulu di BB dan kirim email posting di Blog. Cara ini ternyata sangat efektif, menghemat banyak proses dan bisa menangkap momen/ide yang kapan saja muncul bisa langsung dituliskan karena BB selalu ditangan...

Bahkan akhir-akhir ini saya lebih sering nge-blog saat diperjalanan, sambil menunggu kemacetan terurai, saya asyik menulis di BB, kalau selesai saya bisa langsung posting ke blog....

Bagaimana dengan Anda ...?

No comments: