Thursday, May 15, 2008

Filosofi Naruto


Bagi Anda yang memiliki anak usia SD dan SMP, mungkin saat liburan seperti sekarang karena adanya Ujian Nasional merupakan saat yang paling mengasyikkan buat mereka.

Waktu senggang bisa di pergunakan untuk main game atau membaca komik favorit. Atau bahkan membaca ulang, mereview edisi edisi sebelumnya dan hunting ke Gramedia menambah koleksi edisi yang terlewat.

Begitu juga yang terjadi pada keluarga kami. Hari Minggu kemarin saat saya mudik ke Pekalongan menengok orang tua. Istri membawa anak anak kami ke Gramedia dan membeli tiga edisi Naruto yang sempet terlewatkan, yaitu; edisi 11, 12 dan 19.

Ya, istri saya membeli Naruto bukan hanya untuk anak anak kami. Tetapi juga untuk dia sendiri dan saya. Bahkan kami kadang berebut dulu duluan membaca. Edisi 19 sangatlah menarik.

Menceritakan pertarungan Orochimaru (Ninja pelarian desa Konohagakure ) dibantu Kabuto melawan Tsunade ( Hokage Kelima desa Konohagakure ), Jiraiya, Shizune dan Naruto.

Pihak Konohagakure hampir hampir kalah. Untung saja Naruto yang semula dianggap anak bawang mampu menyelesaikan latihan ilmu Rasengan nya sehingga menumbangkan Kabuto.

Saya menyukai Naruto karena filosofi nya sangat relevan dengan dunia entrepreneurship.

Tokoh Naruto sendiri adalah anak yang biasa biasa saja, tidak cerdas dan bahkan terkesan bodoh. Jauh dibandingkan teman teman sebanyanya yang sangat cerdas dan berbakat ninja seperti; Sasuke, Shikamaru, Sakura, Temari, Gara dan lainnya.

Bahkan tokoh tokoh senior desa Konohagakure pun berpikiran sama bahwa Naruto tidak memiliki masa depan sebagai ninja hebat. Hanya ada dua tokoh yang berpikiran Naruto masih punya prospek, yaitu kedua guru nya; Jiraiya dan Kakashi.

Herannya Naruto bercita cita menjadi Hokage, pemimpin tertinggi ninja di desanya. Yang lebih mengherankan lagi, Naruto menceritakan cita citanya ini ke semua penduduk desa sehingga sering menjadi bahan tertawaan.

Namun tidaklah salah kalau Masashi Kishimoto memilih profil Naruto sebagai tokoh utama dan judul komik nya.

Walaupun tidak cerdas dan kurang berbakat. Naruto memiliki sifat sifat yang sangat menunjang sukses tidaknya seseorang dalam kehidupan. Bahkan masing masing karakter yang dia miliki merupakan kunci menuju sukses luar biasa.

Karakter karakter apa saja kah yang di miliki Naruto ?

Mau belajar dari siapapun. Naruto tidak pernah segan memuji rekan ataupun lawannya dan selalu bisa belajar sesuatu dari mereka

Tidak pernah menyerah. Orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal, tetapi orang yang selalu bisa bangkit dari kegagalan dan mencoba, mencoba, mencoba. Tentu dengan belajar dari setiap kegagalan yang dialami.

Punya keyakinan penuh. Naruto punya keyakinan yang sangat mengerikan. Dia sangat yakin tidak bisa mati sebelum berhasil menjadi Hokage. Apakah anda memiliki keyakinan dahsyat seperti ini ?

Berani mengambil resiko apapun dan mempertaruhkan apapun untuk mencapai cita cita nya. Dalam setiap latihan maupun pertempuran, Naruto selalu berusaha mati matian dan kembali dari tugas dengan luka yang lebih parah dari rekan rekannya.

Larut sepenuhnya. Naruto selalu larut sepenuhnya, menjiwai setiap ilmu yang diajarkan dan menjaga sepenuh jiwa setiap penugasan dari Hokage.

Kalau Anda memiliki karakter karakter Naruto diatas. Saya yakin, apapun profesi Anda. Apapun yang sedang anda lakukan saat ini. Anda pasti menjadi orang yang sangat sukses.

Semangat Naruto !

No comments: