Thursday, May 15, 2008

Rapat Umum Pemegang Saham


Kamis, 13 Mei 2008, group perusahaan kami melakukan RUPS tahunan di Gedung BEJ. Rapat Umum Pemegang Saham merupakan agenda wajib bagi kami yang harus dilaksanakan minimal setahun sekali.

Kami membahas kinerja tahun 2007 dan perencanaan mendetail untuk tahun 2008. Sekaligus mengumumkan jumlah saham yang akan dibagikan ke seluruh pemegang saham.

Kinerja keuangan kami sungguh kinclong. Penjualan konsolidasi seluruh group naik 48 % menjadi Rp. 5.9 triliun dan laba bersih juga naik 49% menjadi Rp. 191 miliar. Laba per saham otomatis juga naik menjadi Rp. 61.28 per saham.

Kenaikan terbesar disumbang dari unit usaha trading BBM yaitu naik dua kali lipat dari Rp. 1.3 triliun menjadi Rp. 2.6 triliun. Dibukanya pintu bagi swasta berbisnis BBM industri ditangkap dengan sangat baik oleh manajemen kami.

Naiknya harga minyak dunia, membuat harga komoditas perkebunan juga naik tajam. Unit usaha Agro kami juga membukukan kenaikan yang bagus sebesar 36% menjadi Rp. 1.5 trilun.

Mulai bertumbuhnya perekonomian juga membuat unit usaha Logistik kami tumbuh signifikan sebesar 21%.

Kami juga mampu beroperasi dengan makin efisien. Ini tercermin dari turunnya biaya operasional sehingga menaikkan profit margin kami dari 5.1% menjadi 6.7%. Laba usaha kami naik menjadi Rp. 393 miliar.

Selesai pemaparan kinerja keuangan 2007, kami lanjutkan dengan pengumuman pembagian deviden sebesar 30% dari net profit. Kami lihat hampir semua pemegang saham tersenyum puas. Kamipun lega !

Acara berikutnya adalah tanya jawab rencana 2008. Ada beberapa poin yang kami paparkan.

Pertama adalah rencana memperkuat unit usaha logistic kami dengan menaikan kapasitas tanki penyimpanan BBM kami menjadi dua kali lipat dipelabuhan pelabuhan besar di Indonesia.

Kedua adalah memperluas unit usaha Agro kami, untuk lebih focus mendapatkan landbank untuk perkebunan singkong. Baik sebagai bahan baku industri kami atau kita switch ke industri bio fuel.

Ketiga adalah focus pada peningkatan sumberdaya manusia dengan pelatihan pelatihan berkualitas. Peningkatan kapasitas bisnis kami harus ditunjang dengan peningkatan kualitas SDM. Tanpa itu, perusahaan akan oleng dan berhenti tumbuh.

Acara tanya jawab rencana kerja tahun 2008 pun selesai. Semua pemegang saham puas dan menyalami President Director group dengan perasaan bangga ikut memiliki saham kami.

Eiit, tunggu dulu ! ternyata mereka tidak menyalami saya. Tetapi menyalami Pak Har ! Oh… ternyata saya yang salah sangka.

RUPS ini bukan RUPS nya Global Mandiri Group milik kami. Ternyata RUPS-nya AKR Group dimana saya bekerja disana.

Insya Allah sepuluh tahun ke depan, saya sudah tidak salah sangka lagi ! dan disalami para pemegang saham yang bahagia.

No comments: