Monday, May 05, 2008

Inilah Petani & Agen Singkong Beromset Miliaran Itu



Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang petani dan agen singkong ber omzet miliaran sebulan.

Banyak respon yang masuk ke mailbox saya, seolah olah tidak percaya apakah mungkin seorang petani dan agen singkong bisa beromzet miliaran. Ada pula yang penasaran dan ingin berkenalan dengan beliau.

Nah, sekarang saya menjawab rasa penasaran Anda ! 13 – 14 February lalu perusahaan kami mengikuti sebuah pameran yang diselenggarakan oleh AEI (Asosiasi Emiten Indonesia), asosiasi perusahaan perusahaan yang sudah go public, saat itu kami menampilkan produk produk kami dan bahan dasar produk yang berasal dari singkong.

Di acara itu pula kami memperkenalkan salah satu petani binaan kami, yaitu Bapak Nyoman Same. Beliau adalah petani yang pernah saya ceritakan dalam artikel saya terdahulu.

Berikut foto beliau, Anda ingin berkenalan..? silakan datang ke Lampung






Sisi paling kanan dengan kaos merah bergaris garis adalah Bapak Nyoman Same, salah satu petani binaan kami. Antusias sekali menjelaskan bagaimana menanam singkong ke Bapak bapak dan ibu didepannya.

Disebelahnya adalah Pak Har, salah satu keluarga orang terkaya di Indonesia yang masuk daftar 150 terkaya Indonesia versi majalah Globe terbitan Agustus 2007.

Disebelahnya lagi adalah mantan dosen saya Ibu Sri Mulyani Indrawati. Lima belas tahun lalu saya diajar beliau. Masih fresh baru pulang dari Amerika setelah menyelesaikan gelar Doktor nya. Saat mengajar kami beliau dalam kondisi mengandung tujuh bulanan. Saya masih ingat bagaimana kadang beliau berjalan tertatih tatih karena kandungan sudah membesar namun semangat mengajarnya sungguh dahsyat.

Disebelahnya lagi adalah Ketua Asosiasi Emiten Indonesia Bapak Ir. Erlangga Hartarto, MBA. Gimana kabarnya Pak ? sudah setahun lebih saya tidak lagi ikutan rapat rutin tiga bulanan dengan Bapak. Saya selalu menyimak pisau analisa & pertanyaan pertanyaan yang Bapak ajukan untuk kemajuan kami.

Disebelahnya lagi Bapak Budiono, sebentar lagi mungkin menjadi mantan Menko Perekonomian dan pindah status menjadi Gubernur BI. Selamat Pak, semoga amanah besar ini bisa Bapak tunaikan dengan sukses

Disebelahnya lagi Bapak Sani Sutanto, salah GM di perusahaan kami

Yang paling kiri adalah Bapak Supriyanto, salah satu manajer di perusahaan kami.

Didepan adalah produk produk yang bisa kita temui sehari hari dan semuanya menggunakan campuran bahan olahan singkong

Tanggal dalam foto tersebut salah, seharusnya 13 February 2008, karena belum di set ulang jadi 01/01/2005.

Anda mau belajar menanam singkong ? belajarlah pada ahlinya, Bapak Nyoman Same ini, tapi anda harus meluangkan kesabaran ekstra berbicara dengan seorang petani.

Semoga bermanfaat

3 comments:

WURYANANO said...

Wow...luar biasa prima ya, petani & agen singkong bisa punya omzet milyaran rupiah. Hebat banget dah.

Coba semua petani singkong bisa begitu, wah makmur ya hidupnya.

Kisah nyata yang bagus Mas Ardiansyah.

Salam dari Surabaya,
Wuryanano

BISNIS 4JOVEM PELUANG USAHA ANTI RUGI (GLUBERRY, JTEA ASHITABA LEAF & GREENSHAKE) said...

Subhanallah.., tentu proses pertamanya tak seindah sekarang ya Pak. Akan lebih baik lagi kalau Bapak bisa membina teman2 TDA Agro yg minat bermain di singkong, lampung sptnya "gudangnya" singkong ya. 2-3hr saya lihat di TV swasta, seorg anak SD kelas VI di Lampung mampu menciptakan energi pengganti batubateri dengan singkong. Subhanallah Alhamdullilah.., krn disana banyak tumbuhan singkon jadi anak "genius" n kreatif tsb, mencoba pengganti batubateri kalkulator dgn singkong yg bisa menghasilkan 2Volt... tuh khan Bumi Indonesia itu kaya raya..
Sukses ya Pak.., roti sumbu ini ternyata punya milliar maanfaat. Allahu Akbar..
Salam,
Roess
http://kamiilahmum.multiply.com

Ardiansyah Abdullah said...

Betul Bu Roess, pak nyoman sejak umur 7 tahun transmigrasi dari bali ke lampung, 30 tahun lebih menggeluti singkong. Saat ini bisa menjadi agen besar krn jaringan petani bali-nya yg mencapai ratusan. Dibalik indahnya kesuksesan, pasti ada kerja keras dan jatuh bangun...beliau juga merasakannya...